Home » » Eksotika Hutan Batu Shilin di China

Eksotika Hutan Batu Shilin di China

LoveSpyco | Eksotika Hutan Batu Shilin di China | LoveSpyco.Blogspot.Com | Hutan Batu Shilin adalah sekumpulan formasi batu kapur yang spektakuler yang berada di Shilin Yi, Provinsi Yunnan, China. Destinasi alam ini berlokasi sekitar 120 km dari ibukota provinsi Kunming.

Formasi batuan tinggi itu tampaknya berasal dari tanah seperti stalagmit, yang sepintas mirip seperti pohon yang membatu sehingga menciptakan ilusi hutan yang terbuat dari batu. Beberapa formasi batu tersebut bahkan tingginya ada yang mencapai 30 meter lho. Wow menakjubkan!

Lebih dari 270 juta tahun yang lalu, proses geologi dan erosi air telah mengukir batuan kapur tersebut menjadi bentuk yang kita lihat sekarang. Formasi yang dihasilkan umumnya dikenal dengan sebutan karst - istilah Jerman untuk wilayah di Slovenia di mana proses semacam ini pertama kali diteliti.


Sebagaimana dilansir amusingplanet, Karst Hutan Batu masuk wilayah bagian Cina Selatan yang membentang di atas area seluas setengah juta kilometer persegi, yang terutama ditemukan di Yunnan, Guizhou dan provinsi Guangxi.

Hutan Batu Shilin juga menampilkan fitur karst superlatif dan lanskap yang tidak terlihat di tempat lain di dunia, dengan jangkauan puncak yang lebih luas dibandingkan dengan daerah karst lainnya, dan keragaman bentuk yang lebih tinggi. Berminat untuk mengunjunginya?

Sumber: